Mengenal Apa itu Malware

Malware | Foto: codepolitan

Malware adalah sebuah perangkat lunak (software) yang dapat mengganggu bahkan merusak sebuah sistem komputer dan memungkinkan juga terjadinya pencurian data dan informasi.


Malware
sendiri merupakan sebuah istilah yang berasal dari dua kata yaitu malicious yang berarti “berniat jahat” dan software yang berarti “perangkat lunak”. Jika kalian pernah mendengar istilah virus komputer, itu merupakan salah satu dari jenis malware.

Berikut adalah beberapa jenis malware yang dikatergorikan berdasarkan behavior atau perilakunya:

• Virus

Virus merupakan katergori malware yang umumnya melekat pada dokumen ataupun pada file  yang bisa dijalankan seperti EXE, COM dan VBS.  Umumnya virus melakukan penyebaran ke komputer lain dengan memanfaatkan bantuan pengguna komputer, dimana virus tidak akan aktif sampai dokumen atau file yang sudah terinfeksi virus dibuka dan digunakan oleh pengguna.

• Worm

Worm merupakan katergori malware yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri. Worm dapat menggandakan dirinya melalui jaringan tanpa perlu bantuan user. Umumnya worm menyerang dengan memanfaatkan kerentanan (vulnarability) yang ada pada sebuah sistem.

• Ransomware 

 Ransomware merupakan  malware yang dibuat dengan tujuan untuk meminta uang tebusan kepada korbannya. Umumnya malware ini mengunci file dan dokumen milik korban dengan cara melakukan enkripsi pada file tersebut. Sehingga korban tidak bisa lagi membuka file ataupun dokumen miliknya.

• Browser Hijacker

Kategori malware ini  umumnya berperilaku antara lain mengarahkan browser yang seharusnya menampilkan situs sesuai dengan alamat yang dimasukkan oleh user ke situs lain, melakukan penambahkan bookmark, mengganti home page, mengubah pengaturan browser, bahkan melakukan pencurian informasi yang ada di browser

• Trojan Horse

 Trojan horse merupakan malware yang umumnya menyamar sebagai aplikasi yang tidak berbahaya sehingga menipu para pengguna. Namun saat pengguna men-download dan menggunakannya, trojan horse kemudian dapat memata-matai dan mencuri data sensitif di perangkat pengguna.

Post a Comment

0 Comments